Header Ads Widget

Ticker

6/recent/ticker-posts

Interview Wilmar Indonesia (Review Kerja)

Konten [Tampil]
Wilmar International Limited merupakan perusahaan yang bergerak dalam bidang perminyakan atau kelapa sawit. Menurut informasi yang saya dapat dari Wikipedia, menyebutkan bahwa pusat dari perusahaan Wilmar ini berada di Singapura. Jadi, bisa dibilang jika Wilmar melakukan ekpansi bisnis ke Indonesia dengan membangun perusahaan sekaligus perkebunan. 

Logo perusahaan Wilmar . Copyright: Pribadi

Adapun produk dari perusahaan ini seperti minyak goreng Sania, Fortune. Dan menurut sumber dari dalam perusahaan, sebenarnya mereka juga telah mengembangkan beberapa produk lainnya. Hanya saja mungkin produk dari Wilmar ini tidak cukup bersahabat ditelinga kita. 

Nah, bagi anda yang sangat berminat bekerja diperusahaan multinasional sekelas Wilmar ini, anda harus membaca review dari saya terkait proses interview di Wilmar nih. Meski saya yakin bahwa ada berbagai macam step yang harus anda jalani sebelum akhirnya direkrut menjadi karyawan diperusahaan Wilmar. 

Untuk letak kantornya sendiri, berada di Multivision Tower lt 12 Jl Kuningan Mulia Kec. Setiabudhi Jakarta Selatan. Nah berikut ini lokasi map nya! Bisa anda tempuh dengan menggunakan transportasi Trans Jakarta turun di Halte Kuningan Madya dan melanjutkan dengan jalan kaki 600 meter atau naik ojol. Atau kamu yang pakai KRL, bisa turun di St. Manggarai lalu lanjut ngojol. 

Saya sendiri mendapatkan informasi terkait loker diperusahaan Wilmar dari Jobstreet.com beberapa waktu lalu, dengan posisi sebagai content creator. Cuma ntah tiba-tiba setelah meminta reshedule psikotes, tim HRD dari Wilmar merubah posisi saya menjadi Admin. 

Anda tidak perlu khawatir, untuk pertemuan awal anda tidak akan langsung bertemu dengan HRD atau User diperusahaan Wilmar ini. Tetapi anda akan menjalani proses psikotes dengan berbagai macam soal yang telah disediakan oleh tim perekrutan Wilmar Group. Ada cukup banyak soal psikotesnya yang harus dikerjakan sedari pagi hari hingga siang hari. Jadi pastikan, sebelum anda mengikuti tes, sudah makan di rumah. Ditambah anda juga akan berkompetisi dengan puluhan pelamar yang mengikuti tes ini.

Baca Juga: Interview PT Immobi Solusi Prima 

Adapun rangkaian jenis tes psikotesnya yakni meliputi : Tes CFIT, Test Pauli, PAFI, 20 soal deskripsi diri, menggambar pohon, dan menggambar orang. 

1. Tes CFIT merupakan singkatan dari Culture Fair Intelligence Test yang dibuat oleh Raymond Cattel. Pada tes psikotes ini kebanyakan tentang gambar, mencocokan dan memilih gambar selanjutnya. Anda diharuskan berpikir cepat untuk menyelesaikan tes ini karena bergantung pada waktu yang tim HRD Wilmar tentukan. Informasi lebih lanjut terkait strategi menyelesaikan tes ini bisa anda cari Google yah. 

2. Test Pauli 
Selepas beres menyelesaikan tes CFIT anda tetap harus menjaga semangat anda karena tes PAULI ini lebih sulit dari CFIT. Ya, tes Pauli adalah tes hitung menghitung sederhana disebuah kertas berukuran seperti koran. Dalam tes ini endurance anda akan sangat berpengaruh. Kata kunci untuk menyelesaikan tes ini adalah ketika di awal tes usahakan kecepatan anda biasa saja (jangan terlalu cepat) nah baru menginjak pertengahan tes dan akhir tes usahakan selesaikan tes dengan cepat. Itu berfungsi agar grafik anda semakin meningkat. 

3. PAFI 
Bagi yang sering mengikuti tes psikotes, tentu tes PAPI alias (Perception and preference Inventory) ini sudah tidak asing yah. Soalnya cukup mudah, hanya memilih 90 jawaban dari 2 pernyataan yang paling menggambarkan diri anda. Untuk bocoran bagaimana menyelesaikan soal ini anda bisa mencari referensi lain di Google. 

4. 20 Pernyataan Deskripsi Diri 
Ini adalah soal selanjutnya yang diberikan oleh tim rekruter Wilmar. Anda akan diberi selembar kertas HVS yang didalamnya berisi bagan perintah. Di mana anda harus menuliskan 20 pernyataan terkait karakrter/ sifat diri anda. Dari 20 itu harus ada yang bersifat positif dan negatif. Ingat, tidak boleh menuliskan ttg fisik misalkan anda cantik, pendek, tinggi, atau mungkin anda bisa bekerja sebagai editor, penulis. Tidak seperti itu maksudnya. Tetapi jawablah sesuai karakter/ sifat / watak anda. Contoh : Saya adalah pekerja keras, saya lamban dll. 
5. Menggambar Pohon dan Menggambar Orang 
Dua soal ini diberikan pada session terakhir. Dalam mengerjakan tugas ini tim HRD Wilmar ketat banget lho. Mereka mengharuskan para pelamarnya untuk mengerjakan menggunakan pensil HB yah bukan 2B. Bila anda lupa untuk membawa pensil HB. Tenang saja, tim HRD Wilmar sudah menyiapkan puluhan pensil HB yang mereka miliki. 

Gambarkan pohon dengan deskripsi bukan pohon monokotil seperti jagung, cemara, pisang, beringin. Gambarlah gambar pohon yang biasa menghasilkan buah-buahan seperti mangga, durian, jambu dsb. Lantaran dalam tes ini anda harus menggambar secara lengkap, yang terdiri dari batang, ranting, daun, akar dan buah. 

Selanjutnya untuk tes menggambar orang. Anda juga akan disuruh menggambar objek yang sempurna secara fisik dan objek itu sedang melakukan suatu aktivitas. Sertakan biodata dalam gambar tersebut berupa nama, jenis kelamin, usia, pekerjaan, sifat baik dan buruk. 

Setelah menyelesaikan lima tes itu, para peserta akan dipersilakan menunggu sekitar 1 jam kemudian karena semua hasil tes psikotes akan segera diumumkan. Selanjutnya, apabila anda beruntung, anda akan langsung melakukan interview bersama HRD dan User dari Wilmar Group. Selanjutnya mungkin step-step lain seperti tes kesehatan dan sebagainya. 

Nah pada step interview Wilmar saya tidak terlalu tahu karena, saya hanya menjalani hingga tes psikotes. Itulah mungkin pembahasan terkait interview, psikotes di perusahaan multinasional Wilmar. Semoga artikel interview Wilmar ini bisa bermanfaat dan memberikan gambaran pada anda yang akan melalui tes diperusahaan Wilmar. 

Jangan lupa komen dan share bila anda merasa artikel ini bermanfaat yah. 

Posting Komentar

2 Komentar

  1. Terima kasih untuk sharing-nya. Kebetulan sebelum saya memutuskan untuk melamar di WCS, saya sempat baca artikel ini. Terutama untuk tes gambar, karena I'm really bad at drawing and have no experience. Untungnya aku diterima untuk bergabung di perusahaan ini. Sekali lagi, terima kasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama, senang bisa membantu dan mendengar bila kamu bisa diterima di perusahaan tersebut. Sukses selalu.

      Hapus

Cari artikel di blog ini