Header Ads Widget

Ticker

6/recent/ticker-posts

Jenis Digital Marketing Yang Efektif untuk Perusahaan

Konten [Tampil]
Dua puluh tahun ke belakang pola pemasaran di Indonesia masih didominasi dengan pola pemasaran secara konvensional. Ditunjukan melalui pembuatan brosur, flier, katalog, atau iklan di televisi dan radio.
Copyright: Pixabay.com
Namun setelah industri mengenal dunia digital, pola pemasaran konvensional dirasa tidak efektif dikarenakan target pelanggan yang tidak fokus dan mahalnya biaya produksi. Kini perusahaan lebih banyak melirik untuk melakukan strategi melalui pola pemasaran digital marketing.

Secara sederhana, pengertian digital marketing adalah pola pemasaran suatu produk yang dilakukan secara digital dengan mengoptimalkan fungsi internet. Di dalam internet terdapat banyak sekali platform semisal sosial media, market place, email, website, search engine dan sebagainya. Semua platform itu bisa dioptimalkan untuk melakukan pemasaran digital marketing. Di bawah ini beberapa jenis bentuk digital marketing yang bisa anda lakukan:

1. Digital marketing melalui sosial media
Sosial media menjadi salah satu platform yang banyak digunakan oleh masyarakat. Mulai dari Facebook, Instagram, Twitter, YouTube, dll. Dengan banyaknya orang yang menggunakan sosial media, peluang untuk menyebarkan informasi akan lebih cepat. Terutama apabila informasi tersebut disampaikan oleh para influencer atau seseorang yang memiliki pengaruh besar dan terkenal di sosial media itu. Selain oleh influncer, anda juga bisa memanfaatkan Facebook Ads, Instagram Ads, atau YouTube Ads untuk menjangkau pelanggan potensial. Melalui sosial media juga, anda bisa secara gratis membuka toko online seperti kebanyakan toko online shop yang terdapat di Instagram.

2. Digital Marketing melalui Website
Di zaman serba teknologi seperti sekarang banyak perusahaan membuat website. Ini perlu dilakukan agar pelanggan bisa langsung mencari produk yang dibutuhkan di website perusahaan. Selain sebagai bagian dari informasi perusahaan, website juga berfungsi sebagai sales representative selama 24 jam. Anda juga bisa menambahkan fitur pembelian dalam website anda. Sehingga pelanggan mudah melakukan transaksi.

3. Digital marketing melalui optimasi Search Engine
Digital marketing juga bisa dilakukan dengan memaksimalkan search engine, agar website atau produk anda bisa muncul dideretan atas Google. Ada dua jenis cara yang bisa dilakukan untuk memaksimalkan fungsi search engine, yakni organik dan non-organik. Contoh organik adalah dengan melakukan pengoptimalan pada search engine optimization (SEO) yang mana cara ini lebih murah karena tidak memakan biaya namun prosesnya lebih lama. Cara kedua non organik,  dengan memasang iklan di Google atau disebut Search Engine Marketing (SEM). Tentunya dengan cara ini anda perlu mengeluarkan biaya untuk iklan, tetapi website anda akan cepat naik dijajaran search engine Google.

4. Digital marketing melalui video marketing
Sejak adanya platform untuk uploading video di internet, banyak perusahaan membuat konsep video iklan digital marketing. Baik dengan bentuk iklan kreatif secara umum yang biasa ditayangkan di televisi, atau pola iklan dengan konsep review / testimoni suatu produk. Semua bentuk video itu banyak terdapat di YouTube, Instagram, atau Facebook. Dan video-video ini memiliki dampak cukup besar mempengaruhi pelanggan untuk membeli suatu produk .

5.  Digital marketing melalui email marketing
Daftar calon pelanggan bisa anda dapatkan pula manakala ada calon pelanggan yang mensubcribe website anda. Dari sana, anda bisa mengirimkan email blast atas produk atau jasa yang perusahaan anda sediakan. Di dalam email blast ini biasanya berisi tentang informasi dari program baru yang sedang anda buat, atau promosi tentang produk anda.

6. Digital marketing melalui kolaborasi
Pola pemasaran ini memang terbilang baru. Caranya adalah dengan mengkolaborasikan ide untuk membuat suatu produk bersama dengan brand lainnya. Manfaat dari kolaborasi ini adalah untuk menjaring pelanggan dari dua brand tersebut agar tertarik membeli produk baru yang ditawarkan. Sudah banyak contoh produk yang berkolaborasi misalnya kolaborasi Gojek dan Blue Bird, Walls dan Buavita, Mc Donald dan Disney, KFC dan Coca Cola, Indomie dan Nike, Kaws dan Air Jordan 4 dan masih banyak kolaborasi lainnya.

7. Digital marketing melalui iklan digital
Cara ini bisa menjadi cara unggulan untuk anda mengembangkan bisnis. Anda bisa memasang iklan melalui display ads, PPC (Pay per click) atau memanfaatkan iklan yang terdapat dalam berbagai macam platform sosial media. Dengan menggunakan iklan digital, biaya yang dikeluarkan menjadi lebih murah, efektif, fokus pada target pelanggan, dan adanya data pemasaran.

Contoh Kasus Pemasaran DIgital yang Sukses
Copyright : Pribadi 
Setelah mengetahui tentang pengertian dan jenis dari digital marketing, anda juga perlu tahu contoh kasus pemasaran digital marketing yang sukses dilakukan. Salah satu contohnya adalah pada produk Pocari Sweat. Saat pertama kali hadir di Indonesia, brand ini menggandeng perusahaan agency digital XM Gravity selama empat tahun. Agency digital ini kemudian merubah strategi marketing yang dilakukan oleh Pocari Sweat, dengan cara mengubah tampilan website menjadi lebih user friendly, dan menarik untuk dilihat. Selain itu, mereka juga menggandeng brand ambassador yang berasal dari JKT 48 dan AKB 48. XM Gravity juga menghadirikan sosok Pocariman yang aktif muncul di sosial media sehingga bisa mendompleng Pocari Sweat lebih dikenal di masyarakat. Dengan semua upaya tersebut, kini minuman berionasi ini memiliki banyak pelanggan di Indonesia.

Posting Komentar

0 Komentar

Cari artikel di blog ini