Header Ads Widget

Ticker

6/recent/ticker-posts

Tips menjawab interview kelebihan dan kekurangan diri sendiri

Konten [Tampil]
Cara menjawab kelebihan dan kekurangan diri sendiri

Dalam sesi interview ada banyak hal yang sering ditanyakan oleh perekrut seperti:

Dan salah satunya bertanya tentang kelemahan dan kelebihan diri sendiri. Nah dalam menjawab pertanyaan-pertanyaan interview ini sebenarnya tidak ada jawaban yang paling benar atau pun salah layaknya Matematika 1+1= 2. 

Jadi, perlu kamu ingat bahwa tidak ada juga rumus jawabannya ya. Sebab, jawaban interview ini sifatnya adalah psikologis dilihat dari kematangan jawaban yang diberikan oleh kandidat kepada perekrut. 

Meski begitu, kamu bisa nih mencari celah dengan memberi jawaban yang tepat terkait pertanyaan interview menjawab kelemahan dan kelebihan ini. Seperti apa kira-kira strateginya? Biar bisa membantu kamu menjawab dengan benar, coba deh perhatikan starteginya: 
  1. Jawab pertanyaan interview tersebut dengan jujur karena bila kamu menjawabnya dengan bohong, perekrut akan tahu lho saat itu kamu tidak jujur 
  2. Jawab pertanyaan interview tersebut dengan penuh keyakinan dan jangan ragu

Contoh jawaban interview tentang kelebihan diri sendiri

Cara menjawab kelebihan dan kekurangan diri sendiri

Bila kamu kebingungan dengan cara menjawab pertanyaan interview tentang kelebihan diri sendiri, coba perhatikan beberapa contohnya di bawah ini: 

Saya bisa bekerja baik bahkan jika di bawah tekanan. Ketika saya bekerja sebagai konsultan, saya sering harus memberi presentasi kepada para eksekutif tingkat tinggi di perusahaan yang kami konsultasikan dengan pemberitahuan satu hari atau kurang. Saya harus dengan cepat belajar bagaimana berbicara dengan percaya diri dan lancar tentang materi yang baru saya buat sehari sebelumnya. Saya merasa seperti tertantang untuk dapat menjelaskan semuanya dengan jelas dan tenang. Saya percaya bahwa keterampilan ini akan membuat saya cocok dalam peran sebagai juru bicara yang saya lamar ini."


"Saya teliti dan ulet. Ketika sedang mengerjakan suatu proyek saya pasti selalu melacak perkembangan hingga ke detail. karena saya memiliki pemahaman yang komprehensif tentang komponen-komponen tersebut, saya dapat melihat hal-hal yang penting dan dapat membuat prioritas dengan tepat sehingga semua dapat memenuhi tenggat waktu. Hal ini tercermin dari umpan balik rekan kerja dan manajemen saya. "

Dari dua contoh jawaban interview kelebihan diri sendiri diatas, coba perhatikan bahwa jawabannya tepat sasaran. 

Tidak menjelaskan tentang kelebihan berupa sifat diri misalnya, " Saya adalah orang yang baik, saya juga orang yang jujur, bisa dipercaya dan sebagainya..." 

Jawaban kamu harus dikorelaksikan atau dihubungkan dengan karier yang kamu jalani saat ini, di mana kamu melihat kelebihan kamu saat bekerja dan jangan terlalu mengawang-awang atau mengkhayal. Jadi, jawablah dengan jawaban yang logis. 

Lalu bagaimana cara menjawab jawaban interview dari sisi kekurangan diri sendiri? 
Nah, yuk simak jawaban kelemahan dan kelebihan interview selengkapnya di sini "Cara menjawab kelemahan dan kelebihan saat interview kerja".

Posting Komentar

0 Komentar

Cari artikel di blog ini