Header Ads Widget

Ticker

6/recent/ticker-posts

Cara menghasilkan uang dari blog selain adsense

Konten [Tampil]

Sumber: Hipwee

Selain platform YouTube yang banyak digunakan awam untuk mencari uang digital, ternyata platform blog juga masih banyak digandrungi. Pasalnya menurut data dari Tempo menyebutkan bahwa jumlah blogger di Indonesia telah mencapai lebih dari 5 juta orang. 


Itu artinya tren blogging tidak tergantikan meski banyak platform baru bermunculan. Terlebih blog juga menjadi tempat nyaman untuk mengkreasikan ide terutama bagi para penulis. 


Gak cuma sebagai hobi, beberapa blogger profesional yang serius menggarap blognya juga telah sukses mendapatkan uang dari blog. Apalagi setelah Google menghadirkan Google Adsense sebagai salah satu reward bagi para blogger. 


Tapi tunggu dulu, sumber penghasilan dari blogging bukan cuma di google adsense aja lho. Masih ada upaya lain yang bisa dilakukan untuk menghasilkan uang dari blogging ini. Penasaran? Berikut ulasannya. 


Opini tentang Google Adsense di blog

Sumber gambar: Support Google

Adsense memang jadi salah satu prestasi yang bisa dimiliki oleh blogger. Tetapi realitanya pencapaian dari adsense akan seimbang bila trafik di blog juga meningkat. 


Pasalnya konsep pendapatan adsense ini masih mengutamakan penghasilan dari iklan Pay per Click (PPC) di mana kalau blog-nya sepi pembaca, maka bisa jadi pendapatan iklan pun menurun.  


Bisa bayangkan berapa lama kira-kira blog yang hanya memiliki traffic sekitar puluhan orang per harinya, sampai ia bisa menghasilkan saldo adsense minimal Rp 1.300.000 supaya bisa diambil? 


Sebab di blog saya saja, pendapatan dari adsense masih minim dan sulit untuk berkembang. 


Meski begitu, setidaknya dengan adanya adsense bisa menjadi pemecut bagi blogger untuk lebih memperhatikan blognya. Lantas apa saja cara menghasilkan uang selain adsense? 

Baca juga: Jenis Digital Marketing Yang Efektif untuk Perusahaan


Cara mendapatkan uang dari blog selain adsense

Sumber: Ekrut.com

Dikutip dari artikel EKRUT, disebutkan bahwa ada beberapa cara yang bisa kamu coba untuk menghasilkan uang dari blog selain adsense di antaranya: 


1. Ikut program affiliate marketing


Apa itu affiliate marketing atau afiliasi marketing? affiliasi marketing adalah suatu cara mendapatkan komisi dengan mempromosikan perusahaan atau produk orang lain. 


Akan tetapi sebelum mendapatkan komisi, kamu harus mendaftarkan diri terlebih dahulu untuk mengikuti program dari affiliasi marketing ini. 


Kemudian setelah mendaftar, baru kamu bisa mulai menulis ulasan tentang suatu produk yang kamu sukai, lalu menyematkan link afiliasi yang didapatkan lewat pendaftaran tadi. 


Komisi dari tiap program affiliasi ini berbeda-beda tergantung dari platform yang dipilih. Namun tampaknya mereka yang mengikuti program affiliasi marketing kebanyakan mengikuti program affiliasi di ranah marketplace. 


Selain itu, satu hal yang perlu kamu ingat bahwa, komisi akan didapatkan seyogyanya ada pembaca yang melakukan pembelian melalui link affiliasi yang kamu bagikan di blog. 


2. Menjual jasa atau layanan 


Kamu jago SEO, content writer, ngoding atau terbiasa bekerja freelance? Maka blog bisa menjadi tempat yang baik bagi kamu menghasilkan duit. 


Kamu bisa memasarkan keahlianmu itu melalui blog lalu mendapatkan klien yang membutuhkan jasamu. 


Akan tetapi sebelum memasarkan jasa begitu saja, ada baiknya ketahui terlebih dahulu rate harga yang dari layananmu, jangan terlalu murah sebab di sini kamu menjual keahliamu. 

Baca juga: Cara Menjadi SEO Specialist dan Trennya di Masa Depan


3. Cara menghasilkan uang dari blog melalui sponsor konten 


Membuat jasa sponsor konten jadi salah satu cara menghasilkan uang dari blog. Kamu bisa membuat konten yang diminta oleh klien, di mana nantinya konten tersebut akan ditampilkan di blog pribadimu. 


Meski begitu ada beberapa persiapan yang harus kamu miliki sebelum terpilih oleh klien melalui program ini di antaranya: 

  • Trafik website harus tinggi

  • DA /PA dipertimbangkan oleh klien

  • Konten juga harus bagus


Biasanya nanti bentuk tulisan dari sponsor konten ini juga akan bernada copywriting yang mengarahkan audiens menuju website klien. 


Selain tiga cara di atas sebenarnya masih ada beberapa cara lagi untuk menghasilkan pundi-pundi uang dari blog, contohnya mengikuti lomba blog dan menjual produk digital seperti template blog premium, software premium dan sebagainya. 


Jadi, tertarik untuk ikut cari duit di blog? 

Posting Komentar

0 Komentar

Cari artikel di blog ini