Header Ads Widget

Ticker

6/recent/ticker-posts

Review Sepeda Trifold 1s Gen 2

Konten [Tampil]


Kenalin ini Gerry sepeda lipat saya

Alhamdulillah setelah sekian lama berada di ibukota akhirnya saya memiliki kendaraan pribadi meski masih berupa sepeda lipat. Bukan untuk ikut-ikutan tren tapi memang saya begitu suka sepeda. 

Saya merasa bebas menggunakan kendaraan roda dua yang ramah lingkungan ini, dan bisa pergi kemanapun tanpa harus memikirkan punya STNK atau SIM. 

Walaupun memang kekuatan dengkul dan tenaga sangat teruji, sebab sepeda trifold yang saya namai "si Gerry" ini masih 1 speed dan belum sempat saya upgrade.

Sharing pertemuan saya dengan si Gerry Trifold 1s Gen 2  

Jadi beberapa waktu lalu, saat memiliki cukup uang sebenarnya sepeda bukanlah prioritas saya untuk memilih kendaraan, sebab pada awalnya saya ingin membeli motor bekas. 

Namun karena belum bisa belajar motor, harus punya SIM dan STNK intinya ribet gitulah jadi saya kesampingkan keinginan itu. 

Mencoba membeli yang sesuai logika dan bisa saya capai untuk saat ini yaitu sepeda. Selain itu, sepeda ini juga bisa saya gunakan untuk berolahraga. 

Melalui pengamatan di marketplace baik itu Bukalapak, Tokopedia, Shopee, OLX saya mulai serius mencari sepeda lipat. Saat itu sih inginnya beli versi Element Nick tapi masalahnya si Nick ini susah banget dicari alias goib. 

Police bike to work 2020 

Akhirnya alternatif lain berubah kepada sepeda Police Texas versi B2W saja. Kebetulan versi tersebut juga sudah lengkap spesifikasinya mulai dari tas, frontblock, 7 speed dan rem hidrolik juga.

Tapi yang disayangkan adalah bahannya masih steel alias besi yang artinya sepeda Police ini cukup berat untuk di bawa dan memakan banyak tempat. 

Akhirnya saat berselancar di Tokopedia, saya menemukan toko online ini, begitu diskrol ternyata ia menjual sepeda Trifold 1s gen 2 yang kebetulan saat itu stoknya tinggal sedikit lagi. 

Gak ingin menyiakan kesempatan itu, saya pun langsung kontak pedagang dan tertarik untuk membeli si Gerry ini. 

Beruntungnya sepeda tersebut bisa saya dapatkan dengan harga murah di antara toko sepeda lainnya. Pasalnya pada bulan Juni itu tren pembeli sepeda lipat masih besar bahkan hingga saat ini. 

Saya mendapatkan trifold 1s gen 2 dengan harga Rp 4 juta sekian, dimana saat itu trifold di pasaran sudah mencapai Rp 5-6 jutaan. 

Cerita review Trifold 1 speed Gen 2 

Ukuran saat si Gerry dilipat 

Setelah hampir 2 bulan lebih memakai trifold 1s gen 2 ini lalu bagaimana pengalaman saya? Sayangnya saat itu saya masih ga ngerti tentang gigi di sepeda. Padahalkan ini membantu meringankan beban saya saat mengayuh si Gerry.

Sehingga dengan spesifikasi trifold 1s yang hanya memiliki single gear itu saya cukup keteteran saat menanjak dan sangat lelah, berikut reviewnya:

  • Kekurangan trifold 1s gen 2 
Adapun kekurangan dari trifold 1s gen 2 adalah: 
  1. Hanya 1 speed sehingga membutuhkan banyak materi dan tenaga untuk di upgrade. Sebagaimana kita tahu bahwa kini harga spare part sepeda juga sudah ikut naik harganya. Jadi kalau bisa, belilah sepeda yang sudah bagus secara spesifikasinya mulai dari gear, rem, frontblock, frame, handle post, sadel dll supaya kamu gak perlu banyak upgrade. 
  2. Handlepost trifold ini belum teleskopik artinya gak bisa diatur tinggi rendahnya. Sehingga membuat tangan saya cukup pegal bila harus bersepeda lama. Apalagi jika keadaan seatpostnya lebih tinggi dari handlepost
  3. Seatpost mudah melorot. Untuk masalah ini saya tidak tahu apakah karena berat badan saya yang melebihi kapasitas atau memang karena kurang kencang pengaturan seatpostnya. Alhasil saya mengakalinya dengan menggunakan pasta gigi di sekitar area seatpost dan itu cukup membantu. 
  4. Sadel bawaan united sangat keras sehingga membuat tidak nyaman bersepeda, bikin bokong sakit. Solusinya yakni dengan membeli sarung jok sepeda. Tapi pilihlah sarung jok merek bagus, karena yang ada dipasaran sarung joknya tetap tipis dan sadel masih terasa keras.
  5. Rem kurang mencengkram. Jadi tiap saya bersepeda agar tetap siaga saya harus memegang kedua rem di tangan sebab jika hanya satu tangan yang mengerem itu tidak akan pakem
  6. Tidak adanya standar sepeda. Cukup repot tiap harus mampir ke toko untuk membeli sesuatu dan tidak ada standarnya. Bahkan pernah suatu ketika sepeda saya mundur ke jalan raya saat diparkir, karena roda easy wheelnya juga kan licin.
  7. Tidak ada frontblock untuk membawa tas jadi harus di upgrade
  8. Lampu bawaan dari trifold sangat kecil dan tidak mampu menerangi jalan 
  • Kelebihan trifold 1s gen 2 
Selain sederet kekurangan trifold tersebut dan masih banyak hal yang harus di upgrade mulai dari sadel, handlepost, gear dsb. Saya masih tetap mempertahankan si Gerry ini hingga sekarang. Beberapa sebab itu karena: 
  1. Gerry adalah sepeda pertama yang bisa saya beli sehingga saya sangat sayang dia bahkan mungkin bersedih ketika saya harus melepas Gerry dengan harga murah atau mahal saat ini. Padahal jika saya mau, saya bisa menjual trifold tersebut dan mendapatkan untung. Di mana saat ini harga trifold dipasaran masih tinggi. 
  2. Mudah dibawa-bawa dan ringkas jadi salah satu pertimbangan saya kenapa masih mau menjaga si Gerry ini. Lantaran begitu beres dipakai saya hanya tinggal melipatnya saja dan memasukkannya ke dalam kosan dan tidak memerlukan tempat yang luas. 
  3. Warna dan frame sepeda yang menarik. Bila kamu perhatikan sepeda keluaran United trifold ini memang dari segi warna dan frame saya rasa lebih bagus dari pada tipe Element pikes atau Trisixty. Meskipun United masih memakai frame alloy dan pikes ada yang sudah memakai chromoly bahan yang lebih bagus
  4. Lipatan desain trifold tidak meniru sepeda Brompton karena lipatan stangnya ke kiri. Sementara pike hampir persis Brompton. 
  5. Adanya inner kabel yang membuat kabel rem jadi rapi tidak seperti sepeda jenisnya pikes atau trisixty 
  6. Adanya grup Trifold Owner Community di Facebook yang sangat menyenangkan dan membantu untuk kita belajar segala hal tentang trifold. 
Itulah sekilas review saya tentang sepeda trifold 1s gen 2 yang sudah saya beli dan rasakan sendiri manfaatnya hingga kini. Di luar sana banyak orang mendukung saya untuk menjual sepeda ini meski saya tidak pernah mendengarnya.

Seorang teman di grup TOC pernah bilang ke saya, "Memiliki sepeda single gear itu ibarat lukisan kamu akan banyak mewarnainya atau mengekplornya dengan sendirinya". Sehingga ke depan dengan beberapa permak yang diperlukan mungkin akan saya lakukan. 

Share dan komen bila postingan ini bermanfaat dan membantumu ya, nantikan juga ulasan lainnya tentang si Gerry ini yang akan saya tulis di lain waktu mengenai stater kit bersepeda yang perlu pesepeda miliki. 

See you..

Posting Komentar

0 Komentar

Cari artikel di blog ini