Header Ads Widget

Ticker

6/recent/ticker-posts

Versi terbaru PHP 8 bawa 5 Fitur unggulan ini

Konten [Tampil]
Sebagai bahasa pemrograman populer kelima di dunia, pembaruan bahasa pemrograman PHP atau Hypertext Preprocessor sangat ditunggu-tunggu.

Kebetulan pada 26 November 2020 lalu, versi terbaru dari PHP yakni PHP 8 telah dirilis. Seperti apa kira-kira versi terbaru tersebut dan membawa fitur apa saja? Temukan jawabannya di sini. 

Mengenal versi terbaru PHP 8 
Mengenal versi terbaru PHP 8
PHP versi terbaru membawa banyak perubahan

Sejak dibuat pada tahun 1994 oleh developer Kanada Rasmus Lerdorf. PHP memiliki berbagai versi mulai dari versi 1.0, 2.0, 3.0, 4.0, 4.1, hingga saat ini PHP 8.0. Di tiap pembaruan versi tersebut pastinya membawa perubahan. 

Bisa dikatakan versi PHP 8 ini membawa perubahan cukup besar karena mengenalkan fitur-fitur baru untuk meningkatkan kinerja bahasa pemrograman ini. Jika kamu tertarik untuk memperbaharuinya juga, kamu bisa mendownload PHP 8 sini.

Fitur baru yang terdapat dalam PHP 8

Sebagaimana telah disampaikan di atas, bila PHP versi 8.0 membawa berbagai fitur yang menarik. Untuk membantu kamu mengenali fitur-fitur tersebut berikut ulasannya.

1. Ekstensi OPcache 

PHP adalah bahasa pemrograman yang ditafsirkan, ini artinya ketika skrip PHP berjalan, interpreter mengkompilasi, memparsing dan mengeksekusi kode berulang kali pada setiap permintaan. Hal itulah yang menyebabkan pemborosan pada CPU. 

Dengan adanya ekstensi OPcache akan membantu meningkatkan kinerja bahasa pemrograman PHP dengan menyimpan bytecode skrip yang telah dikompilasi sebelumnya dalam memori bersama. 

Sehingga akan mengurangi kebutuhan PHP untuk mengurai dan memuat skrip pada setiap permintaan. 

Sebagaimana diketahui bahwa proses eksekusi PHP memerlukan empat proses yaitu laxing, parsing, kompilasi dan eksekusi. 

Bila kamu mengaktifkan ekstensi OPcache ini,  PHP interpreter kamu hanya perlu melalui satu proses saja. 

Nantinya versi yang dikompilasi akan disimpan dalam memori bersama dan bisa dieksekusi langsung melewati tiga proses lainnya. 

Untuk mengecek apakah kamu telah mengkonfigurasi dengan benar ekstensi OPcache ini, kamu bisa melihatnya dalam PHP info melalui skrip di server.

2. Atribut V2 

PHP 8 feature selanjutnya yakni atribut atau anotasi. Ini adalah bentuk metadata terstruktur yang bisa digunakan untuk memverifikasi properti berbagai objek, file dan elemen. 

Kamu dapat menemui atribut melalui doc-comments. Nantinya PHP 8 akan mengeluarkan atribut yang dapat ditambahkan ke deklarasi code seperti memverifikasi kelas,  metode, fungsi, parameter, konstanta dan properti. 

Tag ini nantinya ditempatkan sebelum deklarasi yang dapat diletakkan baik sebelum dan sesudah doc-block comments.

3. Union Type 2

Pembaruan terbaru dari versi PHP 8 adalah terletak pada union type 2 yang memungkinkan developer menuliskan variabel dalam multiple type

Pasalnya di versi lawas union type hanya ditentukan dalam anotasi PHPdoc saja. Sedangkan di versi terbaru saat ini,  PHP 8 mendukung union type dalam function signature. 

Oleh sebab itu, developer tidak perlu lagi bergantung pada dokumentasi inline. Adapun beberapa benefit lain yang bisa kamu temukan dalam versi terbaru ini meliputi:
  • Mendeteksi dan menangkap kesalahan di awal proses pengembangan. 
  • Lebih fleksibel menggunakan syntax dari pada PHPdoc. 
  • Mengurangi kesempatan menampilkan informasi yang kadaluarsa. 

4. JIT (Just in Time) Compiler
Fitur terbaru PHP 8
Fitur PHP 8 paling ditunggu-tunggu adalah kehadiran JIT Compiler

Fitur PHP 8 yang paling ditunggu-tunggu adalah adanya kehadiran JIT Compiler yang berfungsi untuk mempercepat waktu eksekusi dalam bahasa pemrograman PHP.

Hal ini karena PHP 8 merupakan bahasa yang ditafsirkan sehingga membuat kodenya harus diterjemahkan dalam bahasa yang dapat dimengerti oleh CPU atau mesin lainnya dalam proses runtime. 

Nah, kehadiran JIT Compiler inilah yang akan membantu mempercepat proses penerjemahan karena kompilasi kode dijalankan pada saat runtime. Diharapkan dengan adanya JIT Compiler ini bisa membantu para developer intensif non-web

Dengan begitu nampaknya dari pembaruan ini PHP layak bersaing dengan bahasa pemrograman populer lainnya seperti Python.

5. Constructor property promotion 

Dari beberapa fitur perbaikan di atas, PHP 8 juga tidak luput memberikan kemudahan dalam syntax dalam constructor property promotion. Tujuannya adalah untuk membuat proses deklarasi property lebih lugas dan tidak berlebihan. 

Pembaharuan ini juga menghadirkan cara yang lebih singkat kepada developer untuk mempromosikan properti.

Di samping fitur ini juga mudah dibaca dan bisa meminimalisir kesalahan karena mengurangi berapa banyak code developer boilerplate yang harus digunakan untuk objek nilai. 

Kesimpulan 

Itulah beberapa fitur yang diperkenalkan dalam PHP 8 yang akan sangat bermanfaat bagi developer juga mampu meningkatkan kinerja dari bahasa pemrograman ini. 

Meski dari lima fitur tersebut yang paling banyak ditunggu-tunggu oleh developer adalah JIT Compiler karena mampu mempercepat proses terjemahan dan eksekusi bahasa pemrograman PHP. 

Referensi: 

Posting Komentar

0 Komentar

Cari artikel di blog ini