Header Ads Widget

Ticker

6/recent/ticker-posts

Mengulik Mukjizat Nabi Ibrahim AS yang Patut Kita Akui

Konten [Tampil]

Berbicara tentang hari raya Idul Adha seperti saat ini, kita tentu diingatkan dengan peristiwa yang dialami oleh nabi Ibrahim bersama nabi Ismail AS. 

Yang mana nabi Ismail rela untuk dikorbankan oleh ayahnya nabi Ibrahim,  sebagai bentuk ketaatan kepada Allah SWT. Dari ketaatan inilah nabi yang dikenal sebagai Abul Anbiya (Bapak para nabi) ini mendapatkan keistimewaan dari Allah SWT, berupa mukjizat nabi Ibrahim yang tidak bisa disangkal.  

Lantas apa saja mukjizat yang Allah berikan kepada nabi Ibrahim? Untuk mengingat kembali tentang keagungan Allah SWT dalam kisah nabi Ibrahim berikut ini beberapa hal penting yang harus kamu ketahui tentang sosok nabi Ibrahim. 

Baca Juga: Jarussalem Tempat bersejarah Tiga Pilar Agama Samawi

Mengenal siapa sosok nabi Ibrahim AS

Mengulik Mukjizat Nabi Ibrahim AS yang Patut Kita Akui
Source: Kronologi.id


Berbicara tentang nabi Ibrahim atau  dikenal juga dengan sosok Abraham dalam beberapa keyakinan tertentu, tidak lengkap rasanya bila tidak dibarengi dengan silsilah beliau. 

Lahir di Babilonia Irak masa kerajaan Namrud, kala itu nabi Ibrahim merupakan anak laki-laki dari ayah seorang pematung Azar dan ibunya bernama Amanilah. 

Sedari kecil nabi Ibrahim diasingkan oleh ibunya karena khawatir raja Namrud akan membunuh bayi laki-laki yang dikandungnya, sebab sebuah mimpi yang membuat Namrud takut dikalahkan oleh anak kecil tersebut. 

Nabi Ibrahim pun tumbuh dewasa, seiring waktu sambil terus mencari sosok Tuhan yang ia yakini kebenarannya. Berbagai cobaan pun ia alami mulai dari dimusuhi oleh ayahnya yang merupakan seorang pematung dan penyembah berhala, dibakar oleh Namrud di api yang panas, anaknya diminta Allah untuk dikurbankan hingga cobaan lainnya yang berusaha melemahkan keimanan beliau. 

Engga berlebihan, sampai akhirnya Allah SWT memberikan banyak gelar padanya berupa rasul Ulul Azmi. Apa itu rasul Ulul Azmi? Ulul Azmi adalah seseorang yang mempunyai ketabahan, kesabaran, dan tekad yang kuat dalam menyebarkan ajaran islam.

Tak hanya itu, gelar lainnya dari nabi Ibrahim yang Allah SWT berikan adalah Khalilullah atau orang yang disayangi oleh Allah SWT. 

Apa mukjizat nabi Ibrahim?

Dengan berbagai keistimewaan di atas, nabi Ibrahim juga diberkahi dengan mukjizat yang diturunkan kepadanya. Yang dengan mukjizat tersebut bisa menjadi tanda kekuasaan Allah SWT yang diberikan kepada hambanya. 

1. Tubuh nabi Ibrahim tak mempan dibakar api 

Mukjizat ini berhubungan dengan peristiwa ketika nabi Ibrahim menghancurkan sesembahan berhala milik raja Namrud dan masyarakat Babilonia. Yang mana saat itu, raja Namrud marah dan memerintahkan untuk membakar nabi Ibrahim hidup-hidup.

Nabi Ibrahim pun berdoa kepada Allah SWT dengan meminta pertolongan agar api ini tidak membakar tubuhnya. Sebagaimana ini dikisahkan oleh Allah SWT dalam surat Al-Anbiya ayat 69 yang berbunyi:

“Kami (Allah) berfirman, ‘Wahai api! Jadilah kamu dingin, dan penyelamat bagi Ibrahim!” 

2. Menghidupkan kembali mahluk yang mati 

Mukjizat nabi Ibrahim lainnya adalah mampu menghidupkan kembali mahluk yang telah mati. Sebagaimana ini terdapat dalam surat Al-Baqarah ayat 206 yang berbunyi:

“(Kalau demikian) ambil empat ekor burung, lalu cincanglah semuanya olehmu. Lalu letakkan di atas tiap-tiap satu bukit satu bagian dari bagian-bagian itu, kemudian panggilah mereka, niscaya mereka datang kepadamu dengan segera.”

Nabi Ibrahim pun melaksanakan perintah itu, kemudian Allah SWT menyuruh Nabi Ibrahim untuk memanggil burung-burung tersebut. Dan benar saja empat burung itu terbang dari atas bukit ke arah Nabi Ibrahim.

3. Keluar madu dari jari-jari tangannya

Saat mendengar pengumuman Raja Namrud yang mengharuskan membunuh semua bayi laki-laki yang dilahirkan kala kekuasaannya, ibu nabi Ibrahim bergegas pergi ke gua untuk melahirkan dan menyelamatkan anaknya. 

Kemudian beliau pun sempat kembali ke rumahnya sebentar, tapi betapa terkejutnya beliau saat kembali mendapati anaknya Ibrahim menghisap madu yang keluar dari jarinya sendiri. 

4. Orang pertama yang membangun Ka’bah

Ka’bah merupakan kiblat umat muslim seluruh dunia juga tujuan utama untuk melakukan Ibadah Haji. 

Kiblat orang muslim ini dibandung pada masa Nabi Ibrahim AS bersama putranya Nabi Ismail AS, sebagaimana dijelaskan dalam QS Ali Imran ayat 96-97.

“Sesungguhnya rumah (ibadah) pertama yang dibangun untuk manusia, ialah (Baitullah) yang di Bakkah (Mekah) yang diberkahi dan menjadi petunjuk bagi seluruh alam. Dalam ayat ini Allah menjelaskan kedudukan Masjidil Haram dan Ka'bah yang Nabi Ibrahim terlibat dalam pembangunannya. “Barangsiapa memasukinya (Baitullah) amanlah dia. Dan (di antara) kewajiban manusia terhadap Allah adalah melaksanakan ibadah haji ke Baitullah, yaitu bagi orang-orang yang mampu mengadakan perjalanan ke sana.”

Itulah lima mukjizat Nabi Ibrahim AS yang patut kita imani sebagai seorang muslim. Sekaligus ini sebagai tanda besarnya kuasa Allah SWT terhadap nabi Ibrahim AS. Wallahualambissawab.


Posting Komentar

0 Komentar

Cari artikel di blog ini