Header Ads Widget

Ticker

6/recent/ticker-posts

Yuk Simak Perbedaan Matcha dan Green Tea yang Kerap Dianggap Sama

Konten [Tampil]

Serupa tapi tak sama matcha dan green tea sama-sama berasal dari daun teh hijau. Tapi apa kamu tahu bahwa terdapat beberapa perbedaan matcha dan green tea yang cukup signifikan. Mulai dari rasa, warna dan fungsinya. 

Apa saja bedanya matcha dan green tea? Di bawah ini akan kita bahas satu persatu agar kamu bisa mendapatkan gambarannya.

Perbedaan matcha dan green tea agar tidak keliru

Perbedaan matcha dan green tea agar tidak keliru- Nurlella Junaedi
Source: Okezone.com

Kendati matcha dan green tea berasal dari tanaman yang sama, yakni Camellia sinensis asal Tiongkok. Namun, dalam beberapa hal rupa dan manfaat dua kandungan ini cukup berbeda. Bahkan dalam penggunaannya pun juga berbeda, yuk simak selengkapnya di bawah ini. 

Matcha

Matcha dibudidayakan dengan cara ditanam ditempat teduh yang tidak terkena sinar matahari langsung. Kemudian proses pembuatannya dengan diambil batang dan daunnya lalu ditumbuk hingga halus. Dari segi rasa ini sedikit lebih manis dibanding green tea sementara warna matcha cenderung berwarna hijau pekat dan seringnya digunakan dalam minuman kekinian yang bisa dengan mudah kamu dapatkan.

Matcha memiliki kandungan kafein yang cukup tinggi bila dibandingkan dengan green tea. Oleh karena itu, tidak heran matcha cukup baik untuk meningkatkan konsentrasi, metabolisme hingga menurunkan radikal bebas. 

Kendati begitu usahakan tidak berlebihan mengonsumsi matcha terutama sehari sampai 3 cangkir karena bisa menimbulkan efek sakit kepala hingga gelisah. 

Baca Juga: Cara menjadi barista seperti di film Filosofi Kopi

Green Tea 

Layaknya tanaman teh lainnya green tea ini dibudidayakan dengan cara ditanam di bawah sinar matahari langsung, kemudian melalui proses pengeringan dengan menggunakan sinar matahari atau oven biasa. Nantinya lambat laun pengolahan ini akan menghasilkan warna green tea berupa hijau ke kuningan sedikit bening bila kamu seduh dengan air panas.

Dari segi teksturnya juga cukup berbeda dengan matcha, green tea dikemas dalam kantung teh kecil dan dicelupkan seperti teh biasa. Sementara matcha teksturnya bubuk layaknya krimer. 

Adapun rasa dari green tea ini cenderung cukup pahit berbekas di lidah, tapi justru ini yang menjadi ciri khas yang  kadang disukai oleh sebagian orang.

Green tea dipercaya memiliki kandungan yang baik sehingga produk ini banyak digunakan dalam berbagai industri seperti kesehatan dan kecantikan, contohnya:

Manfaat green tea untuk bidang kesehatan

Manfaat green tea untuk bidang kesehatan- Nurlella Junaedi
Source: linisehat.com

Green tea atau teh hijau sangat baik bagi para pemilik penyakit jantung, sebab green tea bisa menekan kolesterol yang ada di tubuh. Kandungan di dalamnya tinggi akan antioksidan, antiradang, anti bakteri dan juga kaya akan vitamin C dan kalsium. 

Bahkan kandungan aktif folifenol didalamnya juga mampu menghambat pertumbuhan sel kanker dalam tubuh, menjaga tekanan darah tetap stabil serta meningkatkan fungsi otak berkat adanya kandungan kafein di di dalamnya. 

Baca Juga: Suasana Paradigma Kafe Cikini

Manfaat green tea untuk bidang kecantikan

Sedangkan untuk kesehatan,peran green tea tidak dapat dikesampingkan juga, terutama bagi kamu yang ingin menurunkan berat badan. 

Produk alami ini bisa membantu melunturkan lemak di perut secara perlahan. Tak hanya itu, bekas kantung teh hijau yang sudah di seduh juga bisa dimanfaatkan sebagai masker wajah alami, mencegah kerusakan kulit, penuaan dini, mengatasi mata panda, hingga menyembuhkan jerawat yang meradang.

Itulah beberapa hal terkait perbedaan matcha dan green tea yang perlu kamu ketahui. Tentunya kita bisa menyimpulkan bila dua bahan alami ini cukup bagus bagi kesehatan dan memiliki manfaat yang baik untuk tubuh. 

Posting Komentar

0 Komentar

Cari artikel di blog ini